YANAIN PERLU PERHATIAN


Minggu 15 Maret 2009
Yanain… tempat ikan bermain. Itulah arti dari Yanain secara harafiah. Yanain tidak asing lagi didengar dan dikunjungi apalagi bagi masyarakat Hulaliu. Tanjung yang berada di barat negeri Hulaliu dengan garis pantai 300m serta pasir putih yang halus, tubir laut yang curam menambah keindahan pantai ini. Keberadaannya disebelah barat negeri Hulaliu membuat suasana sore hari sangatlah indah.
Tanjung kebanggaan masyarakat Hulaliu ini kian lama kian merosot karena terjadi abrasi pengikisan air laut sehingga bibir pantai telah berkurang 1-2 dari tahun 2000-2009. Proses alamiah ini tidak dapat di cegah namun masih dapat diperlambat.
Hal ini juga ditegaskan oleh Raja negeri Hulaliu dalam acara makan patita negeri tanggal 2 januari 2008 Raja mengingatkan dan melarang untuk yanain dijadikan lokasi penambangan pasir guna pembangunan dalam negeri Hulaliu, yanain perlu dijaga dan dilestarikan kehijauannya dengan menanam pohon-pohon pelindung.
Dengan maksud menjaga dan melestarikan tanjung kebanggaan masyaraat Hulaliu ini maka pengambilan pasir tidak lagi dilakukan di pantai ini tetapi di pantai Totu Negeri Rohomoni yang berjarak 16 Km dari Negeri Hulaliu.

Tidak ada komentar:

Kemegahan Terakhir